Siapa bilang usaha kecil menengah(UKM) gagap teknologi.
Buktinya dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kesuksesan UKM salah satunya
ditopang penggunaan internet untuk menembus pasar yang lebih luas. Asia
Foundation baru-baru ini pernah meneliti keterkaitan intetrnet dengan
penembangan UKM. Responden yang di survey 227 perusahaan di 12 kota besar denag
skala pengusaha kecil 50 persen dengan 5-25 karyawan, dan 50 persen lagi
perusahaan menengah dengan 26-300 karyawan.
Ternyata
banyak yang menarik dari hasil penelitian tersebut. Pola penggunaan internet
dan e-commerce khususnya untuk kalangan UKM di Indonesia, terutama terkait
dengan prospek usaha mereka kedepan. Dari hasil penelitian tersebut ternyata
dari 60-70 persen pengguna internet yang disurvei, menggunakan emai dan world
wide web(www).
Tapi
sebagian dari mereka sudah memiliki website dan juga telah menerapkan
e-commerce. Jadi, masih ada sekitar 30-40 persen UKM yang bukan pengguna
internet. Dari perusahaan yang telah menggunakan internet, tercatat 98 persen
mengakses internet dari kantor atau tempat usaha mereka. Lama penggunaanya pun
bervariasi. Ada yang baru saja mengenai dan memakainya, namun ada pula yang
sudah beberapa tahun. Tercatat ada 17 persen responden yang sudah menggunakan
internet sejak 5 tahun yang lalu, nammn sebagian besar baru sekitar 2-3 tahun
terakhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar