Selasa, 15 Januari 2013

Meraih Sukses Lewat Internet


               Siapa bilang usaha kecil menengah(UKM) gagap teknologi. Buktinya dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kesuksesan UKM salah satunya ditopang penggunaan internet untuk menembus pasar yang lebih luas. Asia Foundation baru-baru ini pernah meneliti keterkaitan intetrnet dengan penembangan UKM. Responden yang di survey 227 perusahaan di 12 kota besar denag skala pengusaha kecil 50 persen dengan 5-25 karyawan, dan 50 persen lagi perusahaan menengah dengan 26-300 karyawan.
                Ternyata banyak yang menarik dari hasil penelitian tersebut. Pola penggunaan internet dan e-commerce khususnya untuk kalangan UKM di Indonesia, terutama terkait dengan prospek usaha mereka kedepan. Dari hasil penelitian tersebut ternyata dari 60-70 persen pengguna internet yang disurvei, menggunakan emai dan world wide web(www).
                Tapi sebagian dari mereka sudah memiliki website dan juga telah menerapkan e-commerce. Jadi, masih ada sekitar 30-40 persen UKM yang bukan pengguna internet. Dari perusahaan yang telah menggunakan internet, tercatat 98 persen mengakses internet dari kantor atau tempat usaha mereka. Lama penggunaanya pun bervariasi. Ada yang baru saja mengenai dan memakainya, namun ada pula yang sudah beberapa tahun. Tercatat ada 17 persen responden yang sudah menggunakan internet sejak 5 tahun yang lalu, nammn sebagian besar baru sekitar 2-3 tahun terakhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar