Telah
terjadi kemajuan pesat di bidang teknologi, informas,komunikasi, dan
transportasi dalam beberapa dasawarsa terakhir. Suatu peristiwa yang terjadidi Negara
tertentu, seperti olahraga, kecelakaan, becana alam , peperangan, dan lain-lain
akan diketahui pula oleh setiap orang di Negara, daerah, ata pedesaan manapun
juga. Begitu pula dengan arus barang, jasa, modal, lalu lintas manusia dan
perpindahan perusahaan atau industry akan dengan mudah dapat terlaksana dengan seketika. Negara
manapun akan berada dalam kondisi terisolir
bila tidak mengalami kemajuan yang berarti dalam bidan
teknologi,informasi, komunikasi ,dan transportasi.
Perkembangan
suatu Negara dewasa ini telah semakin terkait dengan perubahan yang terjadi didalam Negara lain. Keterkaitan
atau interdepensasi antar Negara itulah
yang telah menimbulkan proses globalisasi yang semakin kuat,sehingga secara
tidak langsung dunia ini seakan-akan telah menjadi satu dan tidak
terpecah-pecah lagi. Beragam teknologi canggih yang muncul menjadikan batas Negara
semakin kabur, karena apa yang terjadi pada suatu belahan dunia dapat dengan
segera diketahui oleh masyarakat dibelahan dunia lainnya. Revolusi teknologi
informasi sangat memungkinkan hal yang demikian.
Indonesia
sebagai Negara yang ekonominya bersifat terbuka dan sangat mengandalkan ekspor
sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan nasional, mempunyai kepentingan untuk
tetap mempertahankan system perdagangan
antarbangsa secara multilateral yang bebas, terbuka, dan adil bagi
seluruh pelakunya. Keadaan itu dapat dicapai melalui perundingan-perundingan
perdagangan secara multilateral,regional, maupun bilateral selain terus
melakukan promosi dan presentasi pasar. Perkembangan
pemasaran kearah strategi ekspor menunjukkan adanya kemampuan adaptasi sebagai
perusahaan nasional untuk melangkah ketahap pengembangan bisnis internasional
secara lebih maju. Oleh karena itu, badan usaha melakukan dua terobosan baik
dari sudut pemasaran maupun dari sudut kemampuan perusahaan.
- Perusahaan harus memiliki dan mengembangkan system informasi pemasaran yang kuat dan efektif untuk merantau kegiatan lingkungan pasar agar dapat mengelompokkan dan menargetkan pasar secara tepat atau denngan perkataan lain memilikiprespektif global.
- Perusahaan harus fleksibel dalam mengantisipasi pasar global. Peralihan atau perubahan skala ekonomi mengharuskan perubahan investasi dan teknologi agar dapat menciptakan gagasan-gagasan ekonomi. Fleksibel itu bisa dapt dicapai melalui kemampuan tingkat teknologi perusahaan, penyesuaiian secara cepat dan tepat baik kualitas, kemasan, maupun kuantitas prodk untuk dapar diterima secara global
Peluang pasar
global kini tidak hanya bisa diraih oleh bisnis berkala besar tetapi juga oleh
bisnis berskala kecil. Dalam kondisi demikian dunia usaha nasional yang
berorientasi global bisa iku menikmati peluang pasar secara tepat bagi produk
yang ditawarkannya.
Sumber: Ritonga, dkk. Pelajaran Ekonomi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar