Selasa, 15 Januari 2013

Pengaruh Globalisasi terhadap Perekonomian Nasional


      Telah terjadi kemajuan pesat di bidang teknologi, informas,komunikasi, dan transportasi dalam beberapa dasawarsa terakhir. Suatu peristiwa yang terjadidi Negara tertentu, seperti olahraga, kecelakaan, becana alam , peperangan, dan lain-lain akan diketahui pula oleh setiap orang di Negara, daerah, ata pedesaan manapun juga. Begitu pula dengan arus barang, jasa, modal, lalu lintas manusia dan perpindahan perusahaan atau industry akan dengan  mudah dapat terlaksana dengan seketika. Negara manapun akan berada dalam kondisi terisolir  bila tidak mengalami kemajuan yang berarti dalam bidan teknologi,informasi, komunikasi ,dan transportasi.
                Perkembangan suatu Negara dewasa ini telah semakin terkait dengan  perubahan yang terjadi didalam Negara lain. Keterkaitan atau interdepensasi  antar Negara itulah yang telah menimbulkan proses globalisasi yang semakin kuat,sehingga secara tidak langsung dunia ini seakan-akan telah menjadi satu dan tidak terpecah-pecah lagi. Beragam teknologi canggih yang muncul menjadikan batas Negara semakin kabur, karena apa yang terjadi pada suatu belahan dunia dapat dengan segera diketahui oleh masyarakat dibelahan dunia lainnya. Revolusi teknologi informasi sangat memungkinkan hal yang demikian.
                Indonesia sebagai Negara yang ekonominya bersifat terbuka dan sangat mengandalkan ekspor sebagai penggerak ekonomi dan pembangunan nasional, mempunyai kepentingan untuk tetap mempertahankan system perdagangan  antarbangsa secara multilateral yang bebas, terbuka, dan adil bagi seluruh pelakunya. Keadaan itu dapat dicapai melalui perundingan-perundingan perdagangan secara multilateral,regional, maupun bilateral selain terus melakukan promosi dan presentasi pasar. Perkembangan pemasaran kearah strategi ekspor menunjukkan adanya kemampuan adaptasi sebagai perusahaan nasional untuk melangkah ketahap pengembangan bisnis internasional secara lebih maju. Oleh karena itu, badan usaha melakukan dua terobosan baik dari sudut pemasaran maupun dari sudut kemampuan perusahaan.
  1. Perusahaan harus memiliki dan mengembangkan system informasi pemasaran yang kuat dan efektif untuk merantau kegiatan lingkungan pasar agar dapat mengelompokkan dan menargetkan pasar secara   tepat atau denngan perkataan lain memilikiprespektif global. 
  2.  Perusahaan harus fleksibel dalam mengantisipasi  pasar global. Peralihan atau perubahan skala ekonomi mengharuskan perubahan investasi dan teknologi agar dapat menciptakan gagasan-gagasan ekonomi. Fleksibel itu bisa dapt dicapai melalui kemampuan tingkat teknologi perusahaan, penyesuaiian secara cepat dan tepat baik kualitas, kemasan, maupun kuantitas prodk untuk dapar diterima secara global
     Peluang pasar global kini tidak hanya bisa diraih oleh bisnis berkala besar tetapi juga oleh bisnis berskala kecil. Dalam kondisi demikian dunia usaha nasional yang berorientasi global bisa iku menikmati peluang pasar secara tepat bagi produk yang ditawarkannya.

Sumber: Ritonga, dkk. Pelajaran Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar