Selasa, 15 Januari 2013

Tujuan Pendidikan



        Pendidikan merupakan upaya memperlakukan manusia untuk mencapai satu tujuan. Perlakukan itu akan manusiawi apabila mempertimbangkan kapasitas dan potensi-potensi yang ada pada manusia; demikian pula tujuan yang hendak dicapai akan manusiawi apabila memanifesrasikan aspek-aspek kemanusiaan atas dasar itu, perumusan tujuan pendidikan harus selalu bertitik tolak dari pengenalan tentang tabiat manusia.
Tujuan Proses Pendidikan. Pendidikan dikatakan sebagai usaha yang disadari oleh pelakunya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan demikian, tujan merupakan salah satu komponen penting didalam pendidikan. Sejauh mana kepentingan tujuan dalam pendidikan dan dari mana tujuan itu digali.
Pentingnya Tujuan Pendidikan. Setiap upaya guru dalam proses pendidikan diatur oleh tujuan tertentu, apapun jenis tujuan itu. Kejelasan tujuan yang terlihat pada rumusan dan definisinya berpengaruh terhadap kemungkinan keberhasilan pencapainnya. Banyak tujuan yang dirumuskan secara umum dan samar, seperti “Pendidikan untuk Hidup”. Tentu saja, tujuan semacam ini dapat diterima, karena setiap pendidikan mesti mempersiapkan peserta didik untuk hidup. Namun, persoalannya ialah hidup macam apa yang hendak dipersiapkan oleh pendidikan? Pemikir seperti Hebart Spencer pernah mendefinisikan pendidikan sebagai persiapan untuk hidup secara sempurna. Yang paling penting dari isi definisi tersebut adalah deskripsi tentang hidup yang sempurna itu. Selama kata-kata itu belum dibatasi secara jelas, maka definisi tersebut akan tetap absurd, tidak bermanfaat banyak.
Salah satu tujuan umum yang berkaitan dengan pendidkan sepanjang hayat ialah tujuan “Pendidikan Akhalak”. Pembicaraan tentang yang mulia tanpa kesepakatan tentang isi kata-kata itu tidak akan bermakna.  Oleh sebab itu, diperlukan pembatasan terhadap norma-norma akhlak sesuai dengan pandangan social keagamaan tertentu. Banyak orang yang sudah berupaya membatasi tujuan pendidikan secara umum dan menyeluruh. Namun, upaya mereka belun diberkati keberhasilan. Dalam konteks ini, Percy Nunn mengukapkan bahwa setiap langkah pendididkan pada dasarnya merupakan aplikasi filosopi. Karenanya langkah tersebut menyentuh setiap titik kehidupan. Dari sini dapat dikatakan bahwa tujuan pendidikan apapun tidak lain merupakan ekspresi tentang situasi kehidupan ideal-idealnaya yang tinggi. Tujuan pendidikan merefleksikan hakikat ini secara jelas. Barangkali ini dapat menafsirkan kesamaran tujuan yang berbeda-beda.

Sumber: Drs.Hery Noer Aly, MA dkk., Watak Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar